Senin, 02 Juli 2012

Manajemen Memori pada RAM



Gambar 26. Manajemen Memori pada RAM


Memori dalam komputer berfungsi untuk menyimpan data dan tempat untuk mengolah data. Memori ini mempengaruhi kualitas software yang dapat digunakan. 


Dulu ketika memori masih berkapasitas rendah, komputer belum bisa digunakan untuk menampilkan gambar (Grafis ).

A.  KLASIFIKASI MEMORI

Memori komputer dapat dibagi dalam dua kelompok besar, yaitu Memori Utama dan Memori Tambahan. Memori utama adalah memori yang harus ada di dalam komputer. Jika tidak ada salah satunya, maka komputer tidak bisa bekerja.

Sedangkan, memori tambahan tidak harus ada. Memori ini hanyalah sebagai pelengkap.

I.    Memori Utama

Memori Utama lebih berfungsi sebagai tempat mengolah data di dalam komputer. Yang termasuk di dalam memori utama adalah RAM dan ROM. RAM singkatan dari Random Access Memory sedangkan ROM singkatan dari Read Only Memory. 

Data di dalam RAM akan hilang jika listrik mati sedangkan data di dalam ROM tidak hilang ketika listrik padam. Jika CPU adalah otaknya komputer, maka ROM adalah hatinya komputer.
1.     RAM : Random Access Memory
RAM adalah tempat pengolahan data di dalam komputer. RAM dibagi dua yaitu :
a.    Dynamic RAM ( DRAM )
Dynamic RAM adalah RAM yang dikenal di masyarakat. Jenisnya ada yang DIMM, SIMM dan DDR. RAM ini memiliki kapasitas yang besar sampai 2 GB
b.    Static RAM
Sementara Static RAM di masyarakat dikenal dengan nama Cache Memory. Cache Memory ini memiliki kecepatan yang tinggi tetapi kapasitasnya rendah. Sebab harga cache memory masih mahal.
 2.    ROM : Read Only Memory
ROM adalah memori komputer yang sudah melekat di dalam motherboard. ROM berisi program BIOS (Basic Input Output System).

II.  Memori Tambahan

Memori tambahan lebih berfungsi sebagai media penyimpan di dalam komputer. Seperti telah diketahui, data di dalam RAM akan hilang jika listrik padam. Agar data data yang sudah diolah tidak hilang, maka diperlukan memori lain untuk menyimpannya.

Data data yang tersimpan di dalam memori tanmbahan tidak hilang ketika listrik padam.
Yang termasuk dalam memori tambahan adalah :
1. Floppy Disk ( Disket )
2. Harddsik
3. CD ROM / DVD ROM
4. Flashdisk
5. Cloud Memory

B.  MANAJEMEN MEMORI




 

I.   Perkembangan Hardware dan Software


Sistem komputer terdiri dari hardware, software dan brainware. Hardware adalah perangkat keras komputer yang terdiri dari input, output , proceassing dan memori.

Di dalam hardware, terdapat sistem operasi internal yang dinamakan BIOS yang tersimpan di dalam ROM. BIOS berfungsi untuk menguji kesiapan hardware komputer sebelum bekerja.


Selanjutnya, peran BIOS sebagai sistem operasi diambil alih oleh DOS untuk berhubungan dengan brainware. Hanya saja DOS masih terbatas fasilitasnya dan dia hanya bisa menangani mode teks. Sehingga dikatakan sebagai Sistem Operasi berbasis Teks.


Untuk memperbaiki tampilannya agar mampu menangani mode grafis, microsoft membuat Windows. Windows dinamakan Sistem Operasi berbasis GUI ( Graphical User Interface )


Bagaimana memahami perubahan ini dan hubungannya dengan RAM, marilah kita perhatikan Peta RAM di bawah ini.

II.  Peta Memori dalam RAM


 


Dalam Peta RAM di atas, terlihat bahwa RAM terbagi dalam empat area, yaitu
1.     Conventional Memory
Menempati area dari 0 KB sampai dengan 640 KB. Di area ini disimpan file file sistem DOS yaitu IO.SYS, MSDOS.SYS, Command.com; file file driver dan file file I/O:
File ini diperlukan pada saat booting. Jika listrik padam, maka file file penting ini akan hilang dan berakibat komputer tidak bisa bekerja.
2.     Upper Memory
Menempati area dari 640 KB sampai dengan 1 MB. Di area ini disimpan file file data dan program aplikasi yang digunakan.
Namun, area ini sempit sehingga data yang digunakan terbatas, sehingga tidak cukup untuk menggunakan dua program aplikasi sekaligus.
3.     High Memory
Menempati area dari 1 MB sampai dengan 4 MB. Di area ini disimpan file file data yang tidak tertampung di Upper Memory.
Area ini juga sempit sehingga data yang digunakan terbatas. Data data yang bersifat grafis tidak tertampung di area tersebut.
4.     Extended Memory
Menempati area di atas 4 MB. Di area ini sangat luas dan data data yang bersifat grafis dapat tertampung di area tersebut.
Agar data data yang bersifat grafis dapat diolah, maka komputer harus mampu memanfaatkan area Extended Memory. Masalahnya, RAM saat itu maksimal memiliki kapasitas 1 MB.

Oleh karena itu, harus ada perubahan di dalam anatomi komputer. Address bus yang dimiliki komputer XT dan AT286 pada saat itu adalah 20 bit yang mampu menggunakan RAM maksimal 1 MB.

Agar mampu mengolah grafis, address bus pada komputer setelah XT dan  AT286 diubah menjadi 32 bit yang mampu menggunakan RAM sebesar 4 GB.

III.  Hubungan Address Bus dan RAM

Address Bus memiliki satuan bit dan kapasitas RAM memiliki satuan byte. Bit singkatan dari binary digit. Misalnya :
08176463639 memiliki 11 digit atau
08176463639 memiliki 11 decimal digit
01110000111 memiliki 11  binary digit atau
01110000111 memiliki 11  bit
08176463639 tidak boleh dikatakan memiliki 11 bit karena bilangan desimal 08176463639 menggunakan sistem bilangan desimal, bukan biner.
 
Perhatikan gambar di bawah ini :
Gambar di bawah ini menggambarkan hubungan antara bit dan byte

Pada gambar 3.a dapat dilihat bahwa 1 bit berarti memiliki dua kemungkinan yaitu 0 dan 1. Oleh karena itu, dikatakan 1 bit maksimal memiliki kapasitas memori sebesar 2 byte.


Pada gambar 3.b dapat dilihat bahwa 3 bit berarti memiliki delapan kemungkinan yaitu 000, 001, 010, 011 dan seterusnya. Nilai 000 misalnya mewakili Timur, 001 mewakili Tenggara, 010 mewakili Selatan, 011 mewakili Barat Daya dan seterusnya. 

Oleh karena itu, dikatakan 3 bit memiliki kapasitas memori maksimal sebesar 8 byte.

Pada gambar 3.c dapat dilihat bahwa n bit berarti memiliki  
kemungkinan 
Oleh karena itu, dikatakan n bit maksimal memiliki kapasitas memori sebesar.
byte

IV  Jenis Komputer, Address Bus dan Kapasitas RAM



 Slide Presentasi












1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.