Senin, 30 September 2019

Cara Memotong, Menghapus, dan Mengurangi Halaman PDF, Compress PDF dan Convert PDF To PPTX

Gambar 259.NK PDF

Dokumen dalam format PDF memang tidak bisa langsung diedit begitu saja, kita perlu bantuan aplikasi khusus untuk bisa melakukannya. Seperti misalnya memotong halaman PDF yang terlalu banyak atau menghapus sebagian halaman tertentu agar ukuran file jadi lebih ringan.

Sayangnya aplikasi PDF reader yang sering dipakai seperti Foxit atau Adobe reader tidak memiliki fitur ini. Lalu bagaimana caranya agar kta bisa mengurangi halaman PDF dan membuatnya jadi sebuah file baru yang ukurannya lebih kecil dengan jumlah halaman yang kita butuhkan saja.

Pada postingan ini teknosentrik akan bagikan cara mudah yang bisa kamu coba. Kita akan gunakan cara yang bisa dilakukan secara online dan offline dengan aplikasi yang gratis. Kita bisa menggunakan PC atau laptop maupun hp android.

Cara paling mudah untuk memotong halaman PDF adalah menggunakan aplikasi iLovePDF.

iLovePDF merupakan salah satu aplikasi favorit saya untuk mengedit file PDF. Aplikasi ini punya fitur yang cukup lengkap mulai dari mengompres, menggabungkan, hingga menghapus halaman PDF tertentu.

Saat ini aplikasi iLovePDF bisa digunakan secara online (tanpa install) dengan mengakses webnya, dan secara offline dengan menginstall aplikasinya di Windows atau di hp android.

Tinggal di sesuaikan saja perangkat mana yang saat ini sedang kamu pakai, jika sedang menggunakan PC atau laptop saya sarankan gunakan webnya saja karena tidak perlu lagi install aplikasi.

Tapi kalau menggunakan hp maka lebih mudah kalau menginstall aplikasi androidnya yang bisa didownload dari playstore.

Langsung saja kita praktekkan.

1. Aplikasi web (online) untuk laptop dan PC
Jika kamu menggunakan PC atau laptop, maka cara ini adalah yang paling mudah. Tidak perlu lagi install aplikasi. Tapi syaratnya harus ada koneksi internet. Ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka browser lalu masuk ke halaman https://www.ilovepdf.com/split_pdf
  2. Klik pada Select PDF File
  3. Pilih file PDF yang ingin dihapus atau dikurangi halamannya
  4. Setelah diupload, lihat pada menu bagian kanan, masukkan range halaman yang ingin diambil.
  5. Klik Split PDF

2. Aplikasi android (online) untuk pengguna hp
Untuk memotong atau mengurangi halaman PDF dengan hp android, kita bisa menggunakan aplikasi iLovePDF yang saat ini sudah ada di Playstore.
Aplikasinya gratis dan sangat mudah digunakan. Untuk menggunakan aplikasi ini hp kita harus ada koneksi internetnya. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memotong halaman PDF di hp:
  1. Install aplikasi iLovePDF dari Playstore
  2. Buka aplikasinya
  3. Pilih Split PDF
  4. Pilih file PDF yang mau dipotong atau dikurangi halamannya. Bisa dari Device (memori hp), Google Drive, Drop Box. Pilih Device untuk memasukkan file PDF yang ada di hp
  5. Tekan pada icon tanda tambah (+)
  6. Pilih file PDF yang ada di hp. Setelah file masuk ke aplikasi, centang pada box di sebelah kirinya.
  7. Tekan Next
  8. Pilih Split by ranges
  9. Tekan Add range > masukkan halaman
  10. Tekan Split
Penjelasan fitur-fitur split pada aplikasi iLovePDF:
Gambar 259.2 Split PDF

Split by rangememotong file PDF berdasarkan rentang halaman tertentu.
Extract pages: memotong tiap halaman menjadi file terpisah. Misal PDF dengan 30 halaman akan menjadi 30 file PDF yang masing-masing terdiri dari 1 halaman.
Custom ranges: rentang halaman yang kita tentukan saja yang akan diproses menjadi file baru. Misal kita ingin mengambil halaman 8 – 16 maka nanti outputnya berupa 1 file PDF berisi halaman tersebut.
Fixed ranges: memotong semua halaman berdasarkan angka yang ditentukan. Misal kita memotong PDF dengan 30 halaman, fixed range yang kita pakai adalah 3, maka nanti akan keluar 10 buah file PDF yang masing-masing terdiri dari 3 halaman.
Merge all ranges in one PDF file: untuk menggabungkan output menjadi 1 file saat kita menggunakan custom range lebih dari 1.
3. Menggunakan Browser Google Chrome (Offline)
Memotong dan menghapus halaman PDF secara offline juga bisa kita lakukan dengan bantuan browser Google Chrome, tanpa aplikasi lain.
Trik ini bisa jadi cara cepat jika laptop atau PC kita sedang tidak ada koneksi internetnya, yang kita butuhkan hanya browser Google Chrome.
Caranya:
  1. Klik kanan file PDF > Open with > Google Chrome. Bisa juga dengan drag-drop file PDF langsung ke halaman Google Chrome.
  2. Setelah PDF terbuka di browser lalu klik menu (titik tiga) di pojok kanan atas > Print. Bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + P
  3. Pada bagian Destination > pilih Save as PDF
  4. Pada bagian Pages > pilih Custom > masukan range halaman yang ingin diambil. Bisa memotong beberapa halaman sekaligus dengan menggunakan koma. Lihat gambar di bawah.
  5. Klik Save.
Gambar 259.3 Menggunakan Browser Google Chrome

Mengurangi halaman PDF menggunakan browser ini sebenarnya juga bisa dilakukan dengan browser lain seperti Microsoft Edge dan Mozilla Firefox, saya sudah mencoba keduanya.
Tapi memang yang memiliki fitur bisa memotong halaman dengan beberapa range sekaligus cuma Google Chrome. Jadi saya sarankan untuk menggunakan Google Chrome saja.


=================== Suplemen =================

Melakukan Kompres File PDF :


Gambar 259.4 Kompres PDF

https://www.sodapdf.com/id/smallfileready-geo/?fd=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&url=compress-pdf&verify=8A828D0CF8A781F5D11BD23645ABCEAC&page=compress-pdf&uid=1015462&cmp=spdf_all_organic_all_all_all_compress-pdf&key1=google.com&key2=default&mkey5=free&mkey6=none&mkey7=organic&mkey9=CompressPdf&wid=1400&ref=sodapdf.com&mkey1=compress-pdf


PDF ke PPT : Konversi PDF ke Powerpoint secara online

Gambar 259.5 https://smallpdf.com/id/pdf-ke-ppt



Mengenal Lebih Jauh PDF (Portable Document Format)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.