Sabtu, 21 Januari 2023

Perbedaan Versi Windows 10: Home vs Pro vs Enterprise vs Education


Gambar 356. Windows 10 
Versi Home, Pro, Enterprise dan Educatioan

Ada beberapa versi Windows 10 yang dirilis Microsoft, yaitu Home, Pro, Enterprise, dan Education. Lalu apa perbedaan versi Windows 10 tersebut dan mana yang harus kamu pilih?

Sebelum menentukan versi Windows 10 mana yang tepat buat kamu, berikut ini kita jelaskan dulu perbedaan dan persamaan setiap fiturnya.


Fitur Utama (Core Experience) Sama Semua

Baik Windows 10 Home, Pro, Enterprise, dan Education memiliki fitur utama (Core Experiences) yang sama. User Interface, User Experience, Start Menu, dan fitur utama lain seperti Cortana, Windows Hello, Virtual Desktop, Continuum, atau bahkan juga browser Edge semuanya ada.



Pengaturan Automatic Update Berbeda





Secara default, di Automatic Update di Windows 10 Home tidak bisa dimatikan, sedangkan di versi pro bisa kamu defer (ditunda) hingga maksimal 8 bulan. Untuk di Windows 10 versi Enterprise dan Education fitur Automatic Update bisa dimatikan.


Daftar Perbedaan Fitur Bisnis (Business Experience) di Setiap Versi Windows 10

Jika untuk fitur utama (Core Experience) setiap versi Windows 10 itu sama, di fitur bisnis (Business Experience) ada banyak sekali perbedaanya.

Berikut ini adalah daftar lengkap perbedaan versi Windows 10 di Business Experience nya:




Mana yang Sebaiknya Kamu Pilih?



Kalau kamu pengguna rumahan, siswa, mahasiswa, atau karyawan kantoran, maka jika ada budget lebih paling pas memilih Windows 10 Pro. Selain lebih leluasa mengatur update, bisa akses ke beberapa tools seperti Group Policy, Windows 10 Pro juga memiliki business experience yang lebih lengkap.

Namun jika budget kamu terbatas, maka Windows 10 Home juga sudah cukup memenuhi kebutuhan harian. Hal ini karena core experience Windows 10 Home sama seperti versi Windows 10 lainnya yang lebih mahal.

Jika kamu ingin menggunakan Windows 10 untuk fasilitas kantor sekelas enterprise, maka Windows 10 Enterprise paling tepat untuk digunakan karena memiliki security dan fitur manajemen yang lebih baik.

Untuk Windows 10 Education sudah tidak diragukan lagi, versi Windows ini secara khusus memang diperuntukkan Microsoft untuk fasilitas pendidikan, seperti sekolah dan universitas. Fiturnya sangat identik dengan Windows 10 Enterprise, kecuali versi Education tidak memiliki Long Term Servicing Branch.

Itulah perbedaan versi Windows 10 mulai dari Home, Pro, Enterprise, hingga Education. Sudah tidak bingung lagi khan mau pilih Windows 10 versi apa?

Bagikan versi Windows 10 pilihan kamu disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.