Selasa, 19 Mei 2020

11 Layanan Cloud Storage Gratis Terbaik Untuk Backup

Gambar 285.R5 Layanan Cloud Storage Gratis

Secara sederhana, cloud storage atau online storage dapat diartikan sebagai tempat penyimpanan file di awan (online). Umumnya file yang disimpan di cloud storage adalah file video, gambar, dokumen, musik dan beberapa tipe file lainnya. 

Namun, tidak semua layanan cloud storage (online storage) melayani penyimpanan semua jenis file, ada sebagian layanan cloud storage yang hanya melayani penyimpanan jenis file tertentu seperti file gambar atau musik saja.

Ada banyak manfaat ketika Anda menggunakan layanan cloud storage sebagai tempat menyimpan file. Satu alasan utama dari banyak pengguna cloud storage adalah sebagai tempat yang aman untuk pencadangan (backup) file penting. 

Pertimbangannya adalah bila Anda menyimpan di hard drive, external hard drive atau flash drive, kapasitas drive akan cepat penuh, juga untuk mengantisipasi bila drive tersebut rusak, dicuri atau terbakar.

Alasan lain menggunakan layanan cloud storage adalah mungkin Anda ingin melakukan streaming musik dimanapun dengan mudah, Anda mungkin ingin berbagi video liburan keluarga saat itu juga dengan kerabat atau teman lain, 

Anda mungkin ingin mengakses file kerja dari rumah atau mungkin Anda ingin menyimpan file penting saat sedang bepergian. Semua itu bisa dilakukan ketika Anda menggunakan layanan cloud storage.

Sebagian besar orang akan menyangka bahwa layanan cloud storage tidak gratis dan mahal. Benar, untuk layanan cloud storage premium dengan kapasitas ruang penyimpanan tententu yang lebih besar, Namun, benar-benar ada layanan cloud storage gratis bahkan tanpa ikatan. 

Sebagian besar layanan cloud storage gratis ini diberikan oleh layanan cloud storage premium dan Anda dapat sewaktu-waktu melakukan upgrage ke layanan premium mereka.

Meskipun ruang penyimpanan untuk cloud storage gratis terbatas, namun bagi sebagian besar orang sudah dianggap cukup. Berikut ini adalah uraian singkat dari beberapa (11) layanan cloud storage gratis terbaik yang bisa dicoba:

1. Google Drive.


 
Hampir semua orang yang telah memenuhi syarat bila kurang tepat untuk mengatakan semua, sudah memiliki akun Google. Bila Anda belum memiliki, Anda dapat membuat akun Google dan Anda akan mendapatkan 15 GB ruang penyimpanan kosong gratis dari cloud storage Google Drive.
 
Meskipun ruang penyimpanan kosong ini digunakan untuk layanan Google lainnya seperti Gmail dan Google Photos, namun tetap dapat dikatakan sangat melegakan.
 
2. OneDrive.


OneDrive adalah layanan cloud storage dari Microsoft yang sebelumnya dikenal dengan SkyDrive. Selain akun Google, akun Microsoft adalah yang kedua paling banyak dibuat. Ketika Anda membuat akun Microsoft, Anda akan mendapatkan 5 GB ruang penyimpanan kosong gratis dari cloud storage OneDrive.
 
Meskipun tidak sebesar yang diberika cloud storage Google Drive, namun sudah dapat dikatakan cukup untuk ukuran cloud storage gratis.

3. Yandex Disk.



Yandex adalah perusahaan rusia yang populer dengan mesin telusur (search engine) dan Yandex email. Namun Yandex juga menawarkan layanan cloud storage yaitu Yandex Disk. Ketika Anda membuat akun Yandex,
 
Anda akan mendapatkan 10 GB ruang penyimpanan kosong gratis dari cloud storage Yandex Disk. Sebagai tambahan, Anda juga memiliki akses gratis ke Microsoft Office Online tanpa perlu menginstalnya.

4. DropBox.



DropBox adalah layanan cloud storage yang dioperasikan perusahaan asal Amerika, DropBox.Inc. Ketika Anda membuat akun DropBox, Anda akan mendapatkan 2 GB ruang penyimpanan kosong gratis dari cloud storage DropBox.
 
Anda juga dimungkinkan menggunakan cara mudah untu mendapatkan lebih banyak lagi ruang penyimpaan sampai 1 GB. Sebagaimana Yandex, DropBox juga menawarkan akses gratis ke Microsoft Office Online.

5. MEGA.



Masih mau mencari layanan cloud storage gratis bila Anda sudah memiliki akun MEGA? Bukan tanpa alasan, Anda dapat memperoleh 50 GB ruang penyimpanan kosong dari cloud storage MEGA ini.
 
Dari historinya, MEGA sendiri dibangun dari pendahulunya yaitu layanan file sharing Megaupload yang sangat terkenal dimana Anda dapat mengunggah ke (upload) dan mengunduh dari (download) server-nya. Megaupload sudah ditutup pada tahun 2012.

6. MediaFire.


 
MediaFire adalah layanan file sharing dan file storage yang akan memberi Anda 10 GB ruang penyimpanan kosong gratis dari cloud storage MediaFire.
 
Anda juga mendapat kesempatan untuk menambah ruang penyimpanan sampai 50 GB atau lebih melalui program seperti rujukan teman (friend referral) atau unduhan aplikasi (application download). MediaFire tidak memberi batasan bandwidth untuk mengunggah (upload) maupun mengunduh (download).
 
7. pCloud.



pCloud adalah layanan cloud storage yang aman dengan interface yang mudah digunakan. pCloud menawarkan 10 GB ruang penyimpanan kosong gratis dari cloud storage pCloud.
 
Anda masih dimungkinkan untuk mendapatkan ruang penyimpanan tabahan sampai 20 GB melalui program rujukan teman (friend referral) dan bonus. pCloud tidak membatasi kecepatan dan ukuran file yang diunggah maupun yang diunduh.

 
8. FlipDrive.


FlipDrive adalah layanan cloud storage (online storage) yang aman untuk menyimpan, mengakses, berbagi dan mencadangkan (backup) file Anda.
 
FlipDrive menawarkan 10 GB ruang penyimpanan kosong gratis dan Anda dapat memperoleh lebih banyak lagi dengan program friend referral yang menggunakan layanan FlipDrive ini. FlipDrive bisa digunakan untuk menyimpan berbagai tipe file yang Anda miliki.
 
9. Box.


Namanya cukup singkat, Box (sebelumnya Box.net) adalah layanan cloud storage untuk menyimpan berbagai tipe file Anda. Ketika Anda membuat (sign up) akun Box, Anda mendapatkan 10 GB ruang penyimpanan kosong gratis dari cloud storage Box.
 
Box dilengkapi dengan keamanan level enterprise sehingga Anda memiliki kontrol penuh pada file dan akses. Tautan untuk membagian dokumen juga dilindungi kata sandi (password).
 

10. Degoo.



Mungkin Degoo adalah satu-satunya layanan cloud storage yang berani memberikan ruang penyimpanan kosong gratis sebesar 100 GB untuk siapapun yang membukan (sign up)akun Degoo. Bila ukuran ruang penyimpanan sebesar itu masih kurang,
 
Anda dapat mengikuti program friend referral (rujukan teman) untuk mendapatkan tambahan 5 GB untuk setiap temaan yang dirujuk. File yang Anda simpan dienkripsi dengan frasa sandi yang hanya diketahui Anda, tidak disimpan dimanapun di Degoo.

 
11. Sync.



Sync adalah layanan cloud storage dan file sharing gratis. Ketika Anda membuat akun Sync, Anda akan mendapatkan 5 GB ruang penyimpanan kosong gratis dan ini tidak akan pernah habis masa berlakunya (expired).
 
Dengan Sync, menyimpan, berbagi dan mengakses file dapat dilakukan dengan cukup mudah dari manapun. Sync juga memberi proteksi file Anda dengan enkripsi end-to-end untuk memastikan bahwa file Anda aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.