Sabtu, 02 Mei 2020

OTT (OVER THE TOP)

materi-kuliah-kapita-selekta-3-ott-4-638
Gambar 284.R4 Posisi OTT
pada pemodelan layer TCP/IP



1. Definisi OTT
OTT (Over The Top) adalah teknologi informasi di bidang pendekatan dan pemodelan (yang diimplementasikan dalam bentuk aplikasi dan layanan aplikasi) untuk video dan audio streaming, messaging (kirim terima pesan instan), dan jejaring sosial, memanfaatkan koneksi internet dari provider (operator/telco) dan berbasis mobile.
Over The Top berjalan di Application Layer, layer teratas pada pemodelan layer TCP/IP maupun OSI. Umumnya aplikasi OTT ini berjalan pada platform mobile seperti pada handphone, smartphone, dan PDA (Personal Digital Assistant).
Akan tetapi, banyak juga yang berjalan di komputer dekstop. Gambar berikut menunjukkan lokasi OTT pada pemodelan layer TCP/IP.

2. Kaitan antara OTT World, OTT Service, dan Telco World

Ketiga bagian ini (OTT World, OTT Service, dan Telco World) saling berhubungan dan saling memerlukan satu sama lain di dalam implementasinya di dunia nyata. Untuk membahas lebih lanjut kaitan ketiga bagian tersebut, kita harus tahu apa yang di maksud dengan ketiga bagian tersebut.
Telco World adalah ranah di mana para penyedia layanan komunikasi dari jaringan komputer berada.
OTT World dapat diartikan sebagai dunia OTT, di mana para pengembang aplikasi berbasis OTT berada.Seperti contoh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang layanan berbasis OTT antara lain Yahoo, Google, Youtube, Facebook, dan Twitter.
OTT Service didefinisikan sebagai semua bentuk produk layanan di dunia digital melalui aplikasi-aplikasi komputer berbasis teknologi OTT yang memanfaatkan koneksi internet dan infrastruktur internet yang disediakan oleh Telco World.

Gambar himpunan bagian OTT World, OTT Service, dan Telco World
Dari pengertian diatas, dapat kita ketahui kaitan ketiganya (OTT World, OTT Service, dan Telco World)bahwa OTT Service tidak akan dapat berdiri tanpa adanya peran serta dari OTT World dan Telco World.
Demikian juga, OTT World tidak akan dapat berdiri tanpa adanya para pengguna layanan (OTT Service) dan penyedia infrastruktur internet (Telco World).
Telco World tidak akan memperoleh pemasukan dari penyediaan infrastruktur internet tanpa adanya OTT Service yang menggunakan beragam layanan dan aplikasi dari OTT World.
3. Kategori Aplikasi dan Layanan Berbasis OTT
3.1 Social Networking dan Social Media


index
Tujuh kategori untuk Social Networking dan Social Media meliputi Social Connection, Multimedia Sharing, Professional, Informational, Educational, Hobbies, dan Academic.
3.2 Messaging (Pesan Instan)
images

Contoh layanan dan aplikasi OTT dengan kategori Messaging meliputi WhatsApp, Line, Telegram, Kakao Talk, WeChat, dan lain-lain.

3.3 Streaming Audio Video

Kategori aplikasi dan layanan berbasis OTT untuk kategori streaming audio video, menekankan kepada jenis layanan streaming file multimedia audio dan video secara online kepada pengguna.

4. OTT Karya Anak Bangsa 
Dukungan ATSI (Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia) terhadap 3 OTT buatan anak negeri tentu saja bisa kita acungi jempol.
Alasan ATSI mendukung layanan OTT yang dipilih setelah menjalani seleksi panjang, tidak lain adalah seperti apa yang diharapkan anak-anak bangsa.
Diharapkan dengan adanya dukungan kuat dari segi brand awareness atau bahkan promosi bisa membuat anak negeri semakin bersemangat menciptakan dan mengembangkan karya-karyanya.
Namun, tentu saja momentum ini dibungkus dengan proses seleksi yang ketat agar anak-anak negeri termotivasi menciptakan layanan aplikasi yang benar-benar punya visi, arah dan menjawab kebutuhan dan keinginan pasar.
3 OTT anak negeri yang berhasil lolos seleksi dan akan mendapat dukungan dari ATSI diantaranya: Sebangsa, Catfiz dan Qlue

23-yuk-dukung-aplikasi-lokal-qlue-catfiz-dan-sebangsa
4.1. Sebangsa (sebangsa.com)
663x442-fitur-dan-cara-mendaftar-di-sebangsa-1603231
Gambar Sebangsa (OTT karya anak bangsa)
Sebangsa merupakan sebuah aplikasi sosial media buatan asli putra-putri bangsa Indonesia. Sebangsa ini adalah sebuah aplikasi layanan OTT yang memiliki konsep media sosial yang tentunya akan lebih mudah dalam merangkul banyak pengguna.
Tampilan Sebangsa secara umum hampir sama dengan Facebook dan Twitter yang memiliki timeline dengan beragam konten multimedia. Sebangsa juga dilengkapi dengan fitur grup yang bisa menampung anggota tanpa ada batasan dalam hal jumlahnya.
Selain itu, Sebangsa juga secara khusus menyediakan konten untuk Buruh Migran Indonesia. Mengusung fitur grup sebagai fitur andalannya, aplikasi ini berusaha menyediakan konten khusus, stiker khusus, bahkan juga disediakan bahasa gaul yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.
Memang, aplikasi ini belum dikenal di negeri sendiri, dikarenakan layanan media sosial Over The Top (OTT) asing masih menjadi primadona. Namun, Sebangsa kini mendapat dukungan penuh dari Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi
Seluruh Indonesia (ATSI) dan Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) sebagai salah satu dari 3 OTT yang akan diperkenalkan secara nasional.
Setelah mendapatkan dukungan, kini Sebangsa mulai melaukukan pembaharuan terhadap apikasi mereka. Dengan pembaharuan ini, tampilan Sebangsa makin segar dan semakin mudah untuk dinavigasikan.
4.2. Catfiz (catfiz.com)
indexj
Gambar Catfiz (OTT karya anak bangsa)
Diantara banyaknya aplikasi chatting buatan lokal yang tumbang, seperti Live Profile, Chaton, dan Ping Chat karena kurangnya peminat, aplikasi buatan developer asal Surabaya, PT Dunia Catfish Kreatif Media, Catfiz telah meraup banyak minat pengguna dan tetap aktif hingga saat ini.
Nama Catfiz sendiri dipilih karena beberapa alasan. Lafal ‘Catfiz’ memang identik dengan Catfish yang berarti ikan lele dalam bahasa Inggris.
Lele adalah binatang yang gampang dikembangbiakkan serta mudah beradaptasi di semua tempat di Indonesia dan ia bersama tim berharap dapat mengembangkan aplikasi ini dengan mudah.
Motivasi menciptakan aplikasi ini juga berawal dari pengamatan pada kondisi sekitar yang dapat menjadi pasar yang potensial karena banyaknya masyarakat yang tertarik dengan kebiasan baru bertukar pesan melalui smartphone.
Saat ini Catfiz mengklaim memiliki lebih dari 6,5 juta pelanggan dengan 3,5 juta pengguna aktif, dengan proporsi 50:50 antara pengguna asal Indonesia dan pengguna di luar negeri.
Kemungkinan alasan mengapa banyak orang yang tertarik menggunakannya karena di saat itu belum banyak pesaing dalam messenger seperti Line, KakaoTalk, WeChat dan BeeTalk, baru terdapat BBM dan Whatsap yang memang menarik minat penggunanya.
4.3.   Qlue (qlue.co.id)
index
Gambar Qlue (OTT karya anak bangsa)
Pendiri Qlue ini adalah Rama Raditya Founder & CEO Qlue yang dimana mereka terinspirasi dengan melihat banyak masalah yang terjadi di Jakarta.
Qlue (Keluhan) adalah aplikasi yang dapat digunakan warga untuk melaporkan peristiwa yang terjadi di Jakarta, seperti banjir, tindak kriminal, kebakaran, dan lain sebagainya.
Melalui aplikasi ini, laporan atau keluhan warga akan direspon oleh pemerintah daerah untuk ditindaklanjuti. Qlue merupakan bagian dari program Jakarta Smart City (Kota Cerdas) yang diluncurkan oleh Gubernur Basuki Tjahaja Purnama pada 15 Desember 2015.
Hadir di dua kota, yakni Jakarta dan Bekasi, aplikasi yang identik dengan warna biru ini kini telah memiliki lebih dari 200 ribu pengguna aktif. Tidak ingin berpuas diri, A Qlue ingin hadir di 10-15 kota besar lain di Indonesia.
Referensi :

Share this:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.