Senin, 05 Oktober 2020

Konsep Kerja Protokoler Server Softswitch

 


Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya.

Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Protocol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada internet. Standar protokol yang terpopuler sampai saat ini yaitu OSI (Open System Interconnecting) yang telah ditentukan oleh ISO (International Standart Organization).

Istilah data yang digunakan berarti informasi yang disajikan oleh isyarat digital biner. Transmisi data berarti pengiriman data antara dua komputer, atau antara sebuah komputer dengan terminal. CCITT (Consultative Committee International Telephony and Telegraphy), yang sekarang dikenal sebagai ITU-T (International Telecommunications Union-Telephony) menyebut terminal sebagai piranti terminal data (data terminal equipment = DTE), tetapi dalam modul ini akan selalu digunakan istilah terminal.

Jenis computer dalam suatu jaringan data terdiri dari satu atau lebih computer mainframe, atau host computer, Komputer- komputer mini, komputer mikro, atau computer pribadi. Terminal-terminal yang paling sering dipakai antara lain adalah disc drive, pencetak, plotter, layar tampilan, dan papan ketik.

Selain harus dapat berkomunikasi dengan terminal- terminal local, atau piranti peripheral, computer harus mampu berkomunikasi dengan computer lain dan/atau terminal-terminal yang terpisah cukup jauh.

Pemakaian komunikasi data semakin meningkat. Instansi-instansi pemerintah, perusahaan-perusahaan dan lembaga keuangan, seperti bank dan instansi-instansi serupa, telah memasang jaringan komunikasi data yang canggih untuk mengirimkan data dari suatu tempat ke tempat lain, menghitung gaji, mencetak slip pembayaran, dan lain-lain, juga untuk memproduksi tagihan tagihan.

Tugas utama suatu computer dalam system jaringan adalah memproses dan menyimpan data, dan menghasilkan keluaran untuk periode waktu tertentu, misalnya mingguan atau bulanan.

Aliran pekerjaan dengan mudah dapat direncanakan sebelumnya; data disiapkan dan diolah dengan system batch sehingga operasi ini desebut dengan pengolahan batch (batch Processing).

(http://www.infomugi.com/2013/04/pengertian-batch-processing.html).

Beberapa aplikasi komunikasi data yang dikembangkan pada tahun-tahun sebelumnya bersifat lebih khusus, misalnya pemesanan tempat duduk pesawat terbang, pemesanan paket liburan, pemasukan jarak jauh (pengguna mengirimkan data lewat sambungan ke computer, computer mengerjakan operasi yang diinginkan dan mengirimkan kembali hasilnya untuk kepentingan lain pada terminal masukan) dan data akusisi, yang tidak mempunyai dampak langsung pada kehidupan sehari-hari.

Pada tahun-tahun terakhir aplikasi komunikasi data menjadi umum, termaksut diantaranya;

(a) pengecekan kartu keredit secara on-line,

(b) pemindahan dana dari satu bank ke bank lain secara elektronis,terminal pemanggil dan terminal yang dipanggil. Karena X25 sudah diterima secara internasional hubungan dengan negara-negara lain dapat dilakukan dengan memanfaatkan protocol X25 ini.

Penggunaan PSDN dapat memberikan keuntungan yang besar terutama pada saat pengguna mengirimkan data dalam jumlah yang tidak terlalu besar melewati jalur yang padat dan kesuatu tempat yang berjarak yang sangat jauh- khususnya pada jam-jam sibuk. Tetapi juga dapat menjadi sangat mahal untuk keadaan-keadaan tertentu.

Pelayanan lain dari British Telecom adalah Kilostream, Megastream, dan Satstream. Kilostream dan Megastream menyediakan fasilitas pelayanan titik ke titik (point to point). Kilostream dapat beroperasi pada kecepatan 2400 bit/detik, 4800 bit/detik, 9600 bit/detik, 48 kbit/detik, dan 64 kbit/detik. Megastream beroperasi pada kecepatan 2.048 Mbit/detik, 8 Mbit/detik, 34 Mbit/detik, atau 140 Mbit/detik.

Softswitch adalah suatu alat yang mampu menghubungkan antara jaringan sirkuit dengan jaringan paket, termasuk di dalamnya adalah jaringan telpon tetap (PSTN), internet yang berbasis IP, kabel TV dan juga jaringan seluler yang telah ada selama ini.

Softswitch merupakan sebuah sistem telekomunikasi masa depan yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan yaitu mampu memberikan layanan triple play sekaligus dimana layanan ini hanya mungkin dilakukan oleh sistem dengan jaringan yang maju seperti teknologi yang berbasis IP.

Bagian yang paling kompleks dalam suatu sentral lokal adalah bagian software yang mengatur call processing. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menciptakan suatu alat yang dapat menyambungkan komunikasi suara (voice) dalam bentuk paket maupun circuit.

Industri pertelekomunikasian menyimpulkan cara yang terbaik adalah dengan memisahkan fungsi call processing dari fungsi switching secara fisik dan menghubungkan keduanya melalui suatu protocol standar tersendiri.

Pengertian Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang mampu mengirimkan data suara, video dan data yang berbentuk paket secara realtime dengan jaringan yang menggunakan Internet Protocol (IP).

Kebutuhan Perangkat VoIP

X-Lite                   : Sebagai Softphone untuk memanggil/ menerima telepon 

IP Phone               : Sebagai Hardphone untuk memanggil/ menerima telepon 

Briker                   : Sebagai Operating Sistem VoIP

Server                  : Sebagai Operating Sistem VoIP

Modem                : Sebagai Koneksi Apabila server VoIP ada dijaringan internet

Dalam proses komunikasi VoIP, sebuah “kantor pusat” dibutuhkan VoIP

untuk menampung data alamat IP dan nomor telepon yang teregistrasi kepadanya. “kantor pusat” itu dikenal dengan softswitch.

Softswitch bertugas menampung seluruh data alamat IP dan nomor telepon (extension) yang ada untuk kemudian dihubungkan satu dengan yang lainnya membentuk interkoneksi yang lebih besar.

Karena bertugas menampung seluruh titik terminal VoIP, softswitch harus mengetahui alamat terminal dan nomor telepon yang terhubung kepadanya.

Saat ini softswitch yang banyak digunakan dalam jaringan VoIP IP PBX adalah Asterisk. Asterisk merupakan software PBX open source yang dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi, seperti Linux, BSD, Mac OS bahkan di Windows. Asterisk hanya membutuhkan perangkat keras minimum dan tidak membutuhkan perangkat tambahan.

Dengan menggunakan protokol session initiation protocol (SIP) atau inter- asterisk exchange (IAX), asterisk dapat membuat dan menerima panggilan melalui internet atau integrasikan dengan hardware tertentu seperti kartu PCI T1/E1 untuk hubungan PSTN.

Fitur-fitur yang terdapat dalam asterisk antara lain: call conference, call monitoring, call forwarding, call parking, call routing, caller ID, caller ID blocking, calling cards, IVR, music hold on, voice mail, dan lainnya.

Beberapa contoh orientasi bisnis perangkat lunak soft phone adalah :

1.         3CX VoIP Phone for Windows.

Ini adalah Session Initiation Protocol (SIP) berbasis produk yang tersedia dalam dua edisi gratis dan untuk perusahaan. Ia bekerja dengan provider seperti Asterisk dan sipgate.

2.      Arrow Phone

Ponsel lain Windows berbasis software, hanya untuk jaringan H.323. Pelanggan dapat menggunakan ArrowPhone dalam jaringan VPN dengan firewall. Sebuah versi demo gratis tersedia untuk di-download.

3.      AGE Phone

Menggunakan "microSIP" stack dan berjalan tidak hanya pada Windows tetapi juga pada CE / Pocket PC dan Windows Mobile, dengan versi Linux dan Symbian direncanakan untuk masa depan. Memiliki web berbasis antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan menerima panggilan melalui halaman web.

4.      E-Phone. Free IAX2 soft phone untuk Windows. 
5.      Gizmo. Free soft phone untuk Windows, Macintosh OS X, dan Linux. 
6.     SIP Communicator. Berbasis Java open source client VoIP yang mendukung baik audio dan video melalui sesi IPv4 dan IPv6.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.