Rabu, 30 Agustus 2017

Pengertian Vlog





APA ITU VLOG / VIDEO BLOG OR VIDEO LOG ?

Istilah Vlog atau video blog or video log saat ini sedang ngtren sekali di Internet. Kalau dulu mungkin yang kita kenal hanya istilah blog atau blogging, namun sekarang ternyata ada banyak istilah lain salah satunya Vlog. 

Nah, apa sebetulnya Vlog itu? Mari kita bahas secara mendetail agar lebih bisa dipahami dengan jelas..!!

PENGERTIAN DASAR
Kita awali dari pengertian dasar secara terpisah. Vlog berasal dari dua kata yakni ‘video’ dan ‘blog’. Apa itu video? Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Lalu apa itu Blog? Blog adalah catatan pribadi secara online yang sering diperbarui dan didistribusikan ke masyarakat umum. 

Nah, kalau begitu apa itu Vlog? Jadi, Vlog adalah catatan pribadi dalam bentuk video yang diperbarui dan didistribusikan secara umum. Lebih lengkapnya, Vlog ini termasuk suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video di atas sumber media utamanya yakni penggunaan teks atau audio.


KAPAN VLOG ITU MUNCUL ?
Kemunculan Vlog yakni setelah kemunculan kamera dan kemunculan internet. Tapi kemudian aktivitas Vlog itu baru muncul pada tahun 2000. Dikutip Wikipedia, pertama kali aktivitas Vlog muncul setelah Adam Kontras memposting video dengan entriBlognya. 

Kemudian setelah itu banyak yang meniru dan pada tahun 2005, anggota yang melakukan Vlog mulai bertambah banyak. Bahkan di tahun tersebut muncul situs YouTube yang kemudian menjadikan banyak orang bebas untuk upload video apa saja dalam situs tersebut termasuk Vlogging.


PERKEMBANGAN VLOG SAMPAI SEKARANG
Perkembangan Vlog sampai sekarang memang mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Sejak kemunculan YouTube, perkembangan Vlogger ini memang cukup popular di banyak negara. Namun untuk Indonesia, perkembangan Vlog belum begitu lama. Belum banyak Vlogger yang aktif sebelum tahun 2012. 

Baru setelah 2012, banyak muncul chanel-chanel popular di YouTube yang dibuat oleh orang Indonesia. Kemudian setelah tahun 2014, mulailah muncul Vlogger-vlogger Indonesia yang mampu menyediakan beragam konten-konten viral yang mengguncang dunia.

Sebetulnya sebelum tahun 2012-2013, aktivitas blog di Indonesia lebih didominasi oleh bloging dalam situs blog. Blogger konten tulisan sangat banyak dan popular di Indonesia bahkan beberapa diantaranya sangat terkenal di dunia internet. 

Kenapa Vlogging masih kurang waktu itu? Mungkin salah satunya karena media dan alat untuk vlogging seperti kamera dan lainnya masih mahal dan sulit untuk di jangkau. Kini semua peralatan tersebut bisa dengan mudah sekali didapatkan bahkan dengan harga yang murah.

TUJUAN DARI VLOG
Jika ditanya, apa sebetulnya tujuan dari Vlog ini? Jawabannya sebetulnya sama dengan blogging teks di situs blog yakni menceritakan pendapat dan catatan pribadi kepada orang lain agar diketahui oleh banyak orang. Biasanya memang bisa mewakili kepribadian pembuat vlog atau dengan tujuan dari pembuat tersebut. 

Artinya konten dalam vlog itu bisa memang yang sesuai dengan kepribadian dan passion vlogger, atau memang memutuskan tema tertentu yang dia inginkan untuk diketahui dan disebarkan kepada banyak orang dalam bentuk video. 

Berbicara tujuan, sebetulnya bisa berbeda-beda, ada yang bertujuan untuk sekedar sharing, berbagi informasi, dan bahkan getting revenue atau mendapatkan penghasilan dengan menjadikannya sebagai ladang bisnis atau pekerjaan.

APA KEUNTUNGAN MENJADI VLOGGER ?
Ada beberapa fenomena yang terjadi dan bahkan ada banyak hasil yang telah didapatkan oleh banyak orang yang memutuskan untuk menjadi Vlogger. Ada seorang Vlogger yang mendapatkan penghargaan dengan mencetak rekor muri dunia the Guinness World Record yakni Charles Trippy. 

Dia dapat rekor muri tersebut karena berhasil memposting 2200 video setiap hari secara konsisten. Sebetulnya sebelum mencari kesempatan bermimpi meraih rekor dunia, kita bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan dari Vlogging ini. Dari mana saja peluang keuntungan finansial yang bisa didapatkan dari Vlogging? Berikut diantaranya:
  • Pasang Google Adsense
  • Endorsement
  • Promosi
  • Pemasangan Iklan
  • Kerjasama dengan Pihak ketiga
  • Dll

Diatas adalah keuntungan dari segi finansial. Selain itu ada keuntungan lain juga yang bisa didapatkan misalnya lebih menarik dan seru untuk dilakukan dibanding dengan blogging dalam bentuk tulisan saja. Bahkan lebih jauh lagi ini bisa menjadikan kita popular karena sering muncul di internet dan banyak dikenal sehingga bagus juga untuk karir anda kedepannya.

BAGAIMANA CARA MEMULAINYA?
Agar bisa menjadi seorang Vlogger, caranya tidaklah rumit. Yang penting ada kemauan dulu dan sedikit kemampuan tentang internet dan editing video. Dengan kamera hp saja, anda sudah bisa menjadi vlogger. 

Agar hasilnya lebih baik dan menarik, maka pelajari cara editing video. Bahkan kalau anda benar-benar mau terjun ke dunia ini, anda bisa melengkapi dengan peralatan-peralatan lain yang spesifikasinya lebih bagus untuk menghasilkan video yang berkualitas.

Sumber :
http://www.kaiamedia.com/pengertian-vlog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.