Kamis, 04 Juli 2013

Penemu 'Mouse" Meninggal Dunia

CALIFORNIA - Anda terbiasa memakai komputer sehari-hari? Tentu tidak asing dengan mouse. 
Bayangkan saja jika alat ini tidak ada, betapa ribetnya menggunakan komputer.  
Nah, kini sang penemu mouse komputer, Doug Engelbart, dikabarkan meninggal dunia di usia 88. Engelbart adalah orang kali pertama mengembangkan mouse pada 1960 berbahan kayu dengan satu tombol. 
Model keduanya sudah dilengkapi dengan tiga tombol. Pada 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).
Selain sebagai penemu mouse, dia juga termasuk penemu awal email, melalui konsep hypertext yakni di balik setiap tautan (link) yang kita klik saat membuka website di internet.
Menurut BBC, kabar duka meninggalnya Engelbart disampaikan sang putri Christina. "Kondisi kesehatannya memburuk dan meninggal dengan tenang pada Selasa malam dalam tidurnya," katanya.
Douglas Engelbart lahir pada 30 Januari 1925 di Oregon, Amerika Serikat. Bungsu dari tiga bersaudara anak pasangan Carl Louis Engelbart dan Gladys Charlotte Amelia Munson Engelbart.
Setelah lulus dari sekolah menengah Douglas masuk ke Oregon State University. Namun, pada Perang Dunia II, ia masuk angkatan laut dan menjadi teknisi radar di Filipina selama dua tahun. Ia kemudian pulang ke Oregon State University dan menyelesaikan kuliah sarjananya di jurusan teknik elektro pada 1948.
Dia lantas menyelesaikan sarjana di University of California Berkeley, dan mendapat gelar B. Eng pada 1952, lalu mendapat gelar Ph.D. di bidang teknik elektro dan ilmu komputer (EECS – Electrical Engineering and Computer Science) tiga tahun kemudian.
Setelah menyelesaikan studi doktoralnya, Douglas tinggal di Berkeley untuk mengajar. Namun hanya berlangsung satu tahun. Douglas kemudian merencanakan perusahaan Digital Techniques. Perusahaan ini bertujuan untuk mengomersialkan hasil kerja doktoralnya dalam bidang alat penyimpanan (storage device). Namun, perusahaan ini pun hanya bertahan setahun dan Douglas pun berpindah ke Stanford Research Institute (SRI).
Pada presentasinya yang legendaris yang dikenal sebagai 'Mother of all demos' di San Francisco pada 1968, ia melakukan demonstrasi pertama ke publik tentang mouse.
Pada kesempatan yang sama, dia mempraktekkan pertama kali dalam video teleconference dan menjelaskan teorinya berbasis teks link, yang akan membentuk arsitektur internet.
Meski mouse dipergunakan di seluruh komputer di dunia, laki-laki bersahaja ini tidak memperkaya dirinya dari alat yang diciptakannya karena patennya habis pada 1987, sebelum perangkat itu banyak digunakan. (esy/jpnn)




Sumber :
http://berita.plasa.msn.com/teknologi/jpnn/penemu-mouse-meninggal-dunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.