Sabtu, 09 Juni 2012

Cara Mempercepat Flashdisk Untuk Transfer Data

Caranya :
Mengubah system file flash disk yang sebelumnya FAT atau FAT32 ke NTFS. Mengapa NTFS ? Bagi anda yang mementingkan keamanan dan kestabilan, NTFS lebih jauh lebih ampuh serta kemampuannya untuk meminimalkan fragmentasi serta kecepatannya.
Jika dibandingkan dengan file system FAT32, NTFS masih jauh lebih unggul namun demikian NTFS masih ada sedikit kekurangan yaitu NTFS hanya bisa diakses oleh Windows NT, 2000, XP, dan vista. 
Akan sangat sulit diakses bahkan mungkin tidak dapat diakses sama sekali oleh sistem operasi lain seperti Windows 9x terutama apabila Anda melakukan dualboot system operasi.
Lalu bagaimana caranya mengubah ke NTFS ? Caranya mudah ikuti langkah berikut :
1. Klik kanan pada flash disk trs pilih “properties”.
2. Pilih opsi tab “Hardware”.
3. Di kolom All Disk Drives, pilih yang icon flashdisk anda misalnya punya saya tulisannya “USB 2.0 FS( Flash Disk ) USB Devices”
4. Kemudian klik properties, di bagian bawah.
5. Pilih opsi tab “Policies”.
6. Pilih yang “Optimize for performance”. Klik OK. Sebelum melangkah ke proses berikutnya, Bila masih ada data2 penting di dalam flashdisk anda, dicopy dulu ke Harddisk, karena setelah diformat data2 yang ada di dala m flashdisk akan terhapus.
7. Sekarang format flashdisk anda caranya klik kanan > format, pada file system pilih yang
NTFS. Klik Start.

Setelah selesai,
1. Klik Start -> Control Panel
2. Klik System and Maintenance -> System
3. Klik Device manager dan klik continue saat muncul Tab UAC
4. Klik tanda + pada “Disk Drive” yang ada di device manager
5. Klik kanan USB storage device yang muncul dan klik properties
6. Pilih tab Policies
7. Pilih “Optimize For Performance” dan centang “Enable write caching on the disk”
8. Klik OK
Selamat, fitur write-cathing USB drive anda telah aktif dan kecepatan akses USB drive anda telah meningkat dan optimal. Anda tidak perlu khawatir, karena diaktifkannya fitur write-cathing ini sangat aman dan tidak akan merusak USB device anda, namun dengan catatan bahwa sebelum mencabut USB device tersebut, anda harus memutuskan koneksi terlebih dahulu dengan “safely removal icon” atau yang lebih dikenal dengan “safely remove hardware” yang ada di taskbar windows.

Selamat mencoba..
Salam Be-EL Computer

2 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.