Kamis, 20 Oktober 2016

Pengantar VBA (Visual Basic Application) for MS Excel


I. Basic, Windows dan Microsoft
Awal tahun 1960-an telah dibuat Bahasa Pemrograman BASIC yang merupakan kependekan dari Beginner's All Purpose Symbolic Instruction Code
Selanjutnya, Bahasa Pemrograman BASIC dikembangkan menjadi Bahasa Pemrograman GWBASIC (Graphical Workshop BASIC) yang disimpan dalam ROM (Read Only Memory) pada komputer komputer jenis IBM (Industry Bussiness Machine)
Pada tahun 1990-an dikembangkan lagi menjadi Bahasa Pemrograman QBASIC (Quick Basic) yang disertakan pada Sistem Operasi DOS 6.0. Tetapi tidak disertakan pada Sistem Operasi Windows 95
Bahasa Pemrograman BASIC, GW BASIC dan QBASIC masih berbasis Text.
Pada tahun 1992, BASIC beroperasi pada lingkungan Windows. Windows adalah Sistem Operasi  berbasis GUI yang dikembangkan dari DOS. DOS adalah Sistem Operasi yang masih berbasis Text.
Bahasa Pemrograman BASIC yang beroperasi pada lingkungan Windows ini dinamakan Bahasa Pemrograman Visual Basic
Fasilitas yang dimiliki oleh Visual Basic adalah :
  1. Membuat dan mengontrol obyek obyek pada Windows
  2. Menjalankan perintah OLE (Object Linking and Embedding) 
  3. Menjalankan perintah DDE (Dynamic Data Exchange)
  4. Berorientasi pada obyek ( Object Oriented) 
Sampai sekarang, Visual Basic merupakan Program Standar di lingkungan Windows. Semua Program yang di bawah Microsoft, seperti Sistem Operasi Windows dan Program Aplikasi MS Office menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic.

II.  Visual Basic, Visual Basic Application (VBA) dan Macro
Bahasa Pemrograman Visual  Basic adalah Bahasa Pemrograman yang dapat dioperasikan pada seluruh aplikasi berbasis Windows, termasuk di dalamnya adalah Paket Pemrograman MIcrosoft Excel.
Setiap Program Kerja Elektronik selalu dilengkapi dengan fasilitas Program Macro yang berfungsi merekam perintah perintah yang berulang. Program Macro mengikuti perkembangan Bahasa Pemrograman BASIC
Program Aplikasi Microsoft Office sudah dilengkapi oleh Program Macro Modern. Program Macro Modern mengikuti perkembangan Bahasa Pemrograman Visual BASIC Application (VBA). Bahasa Pemrograman Visual BASIC Application (VBA) digunakan untuk :

  1. Menyimpan rekaman yang dibuat oleh Program Macro
  2. Mengontrol obyek obyek aplikasi yang lain. 
Bahasa Pemrograman Visual Basic dapat dioperasikan pada seluruh aplikasi yang berbasis Windows, termasuk di dalamnya adalah Paket Program Aplikasi Microsoft Excel. 
Visual Basic memiliki peringkat kemampuan yang lebih luas, dan memiliki fasilitas untuk menggunakan obyek obyek VBA melalui Object Browser dan merupakan Paket tersendiri dan terpisah dari Windows dan Program Aplikasi Berbasis Windows
Bahasa Pemrograman Visual Basic Application for Excel adalah cabang dari Bahasa Pemrograman Visual Basic (VB) yang khusus menyediakan obyek obyek paket Program Aplikasi berbasis Windows dan merupakan Paket yang terpadu (tidak tersendiri dan tidak terpisah) dari Program Aplikasi Microsoft Excel itu.
Dengan kata lain, VBA Excel merupakan bagian dari Program Excel itu sendiri
Program Aplikasi Microsoft Excel adalah Program Aplikasi lembar sebar kalkulasi yang canggih (Excellent), mudah dioperasikan dan menyertakan Paket Program Visual Basic Application (VBA)
Seluruh langkah yang dikerjakan dalam Program Microsoft Office, baik MS Word, MS Excel, MS Power Point atau yang lain dapat direkam oleh sebuah fasilitas Macro. Setelah direkam, maka rekaman ini dapat digunakan kembali cukup dengan menekan tombol control dan sebuah tombol. Selain itu rekaman tersebut dapat digunakan kembali dengan cukup menekan sebuah tombol.
Rekaman ini disimpan dalam sebuah Program yang dinamakan Visual Basic Application (VBA). Program ini sudah include dalam Program Microsoft Office tersebut.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.