Senin, 07 Oktober 2019

Menyiapkan Perangkat Jaringan : Mengkonfigurasi Interface Pada Router


Untuk melakukan sebuah konfigurasi pada router, maka hal yang harus diperhatikan adalah mengenali fungsi-fungsi yang ada pada router. Untuk studi kasus ini yang dimabil digunakan router mikrotik dengan menggunakan aplikasi winbox. Interface pada router dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
Gambar 1 Interface router pada winbox

1. Interfaces. 
Menu interface merupakan gerbang trafik keluar atau masuk ke mikrotik. Secara default mikrotik hanya mengenali interface yang secar fisik memang ada. Kita dapat merubah nama interface tersebut dengan tujuan untuk memudahkan dalam mengindetifikasi fungsi.
2. Bridge. 
Menu Bridge merupakan menu untuk menghubungkan dua segmen network terpisah bersama-sama dalam suatu protokol sendiri.

3. PPP (Point to Point Protocol)
Merupakan paket yang memuat protokol. Paket ini diperlukan untuk fitur komunikasi serial dengan menggunakan PPP, ISDN PPP, L2TP, dan PPTP serta komunikasi PPP on Ethernet (pppoe). Paket PPP digunakan untuk komunikasi Wide Area Network dengan menggunakan komunikasi serial.
4. Switch. 
Menu Switch ini merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).
5. Mesh. 
Menu Mesh ini digunakan untuk melakukan implementasi topologi Mesh.
6. IP
Menu IP digunakan untuk pengaturan IP yang terdiri dari ARP, Accounting, Adresses, DHCP Client, DHCP Relay, DHCP Server, DNS, Server, Firewall, Hotspot, ipsec, Neighbors,
7. MPLS. 
Pada Menu MPLS ini kita dapat membuat interface virtual MPLS VPLS dan juga beberapa fitur-fitur MPLS dapat kita setting pada menu ini. MPLS (Multi Protocol Label Switching) merupakan sebuah teknik yang menggabungkan kemampuan manajemen switching yang ada dalam teknologi ATM dengan fleksibilitas network layer yang dimiliki teknologi IP.
Fungsi MPLS yaitu penyambungan dan pencarian jalur dalam jaringan computer. Sub Menu MPLS terdiri dari MPLS, Traffic Eng, VPLS.
8. Routing. 
Pada menu routing ini kita dapat melakukan berbagai fasilitas yang ada dan juga fitur-fitur pendukung routing yaitu : BFD, BGP, OSPF,RIP, Filters, MME, Prefix Lists.
9. System. 
Pada menu System ini terdapat sangat banyak menu yang dapat kita lakukan yang berhubungan dengan system dari Mikrotik itu sendiri.
10. Queues. 
Menu Queues ini adalah menu dimana kita dapat melakukan limite koneksi pada suatu jaringan baik berdasarkan source address, destinasio address, maupun berdasarkan paket yang telah ditandai dari Mangle (intinya bisa kita pergunakan sesuai dengan kebutuhan jaringan yang kita pakai).
11. Files. 
Pada menu ini berfungsi untuk kita menyimpan file dalam OS Mikrotik seperti file-file HTML login page hotspot, files backup, files log dan files lain kita ingin kita simpan di sana.
12. Log 
Pada menu log ini kita dapat melihat informasi LOG-LOG yang terjadi baik dan informasi-informasi dari log ini sangat kita butuhkan sebagian informasi bantuan di saat troubleshoot atau log informasi lain yang kita butuhkan.
13. Radius. 
Menu Radius ini berfungsi saat kita membuat system hotspot pada Mesin Mikrotik kita dan kita ingin terkoneksi dengan baik ke server radius terpisah maka kita confignya dari menu Radius ini.
14. Tools. 
Menu Tools adalah merupakan root menu dari beberapa tools yang dapat kita fungsikan yang ada pada OS Mikrotik.
15. New Terminal
Pada menu new terminal ini berfungsi sebagai console pada OS Mikrotik dalam arti text mode sama halnya dengan Linux OS yang berbasis server mode text. Jadi, semua menu yang ada pada OS Mikrotik kita dapat melakukan confignya melalui new terminal ini dengan perintah.
16. Make Supout.rif
Menu ini berfungsi untuk membuat sebuah backup dari OS Mikrotik namun beda dari backup biasanya yg mana dari backup ini kita dapat mengetahui informasi dari seri dari OS yang kita pakai dan biasanya backup dari ini dipergunakan untuk menganalisa permasalahan yang terjadi.
17. Manual. 
Menu ini berfungsi untuk membawa kita ke link manual pengunaan OS Mikrotik sama halnya menu help atau -h pada linux dan Windows.
18. Exit. 
Menu ini berfungsi untuk menutup windows interface pada OS Mikrotik yang diakses melalui aplikasi winbox.

Ringkasan :

1. Interfaces.7. MPLS. 13. Radius. 
2. Bridge. 8. Routing. 14. Tools. 
3. PPP (Point to Point Protocol)9. System. 15. New Terminal. 
4. Switch.10. Queues. 16. Make Supout.rif
5. Mesh. 11. Files. 17. Manual. 
6. IP12. Log 18. Exit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.