Kamis, 17 Agustus 2023

Arsitektur Fisik Jaringan Komputer

Gambar 369.W9 Arsitektur Fisik
Jaringan Komputer



1. Arsitektur Komputer

Arsitektur komputer merupakan penerapan dari pendefinisian struktur dan hubungan dari sub komponen hardware pada komputer sedangkan referensi merupakan konsep berpikir untuk menjelaskan cara kerja komputer secara logika untuk mendukung suatu penerapan pada komputer.

Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). 

Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.

Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
  1. Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:Set instruksi (ISA)
  2. Arsitektur mikro dari ISA, dan 
  3. Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.

2. Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan sebuah sistem atau himpunan komputer autonomous, memiliki kendali atas dirinya sendiri, dan perangkat jaringan lainnya yang dihubungkan menggunakan protokol komunikasi melalui media transmisi untuk mencapai suatu tujuan yang sama. 

Media transmisi dapat berupa kabel (wire) ataupun udara yang menjadi media bagi komunikasi elektromagnetik (wireless).

Tujuan dari jaringan komputer adalah :
  1. Membagi sumber daya : contohnya pemakaian printer, CPU, memori dan harddisk.
  2. Komunikasi : contohnya surat elektronik, instant messaging dan chatting.
  3. Akses informasi : contohnya web browsing.

Perbedaan Arsitektur Fisik dan Logik

Topologi jaringan terbagi menjadi dua, yaitu :
  1. Topologi secara fisik (physical topology), menjelaskan bagaimana susunan dari kabel, komputer dan lokasi dari semua komponen-komponen jaringan komputer.
  2. Topologi secara logika (logical topology), menetapkan bagaimana informasi atau aliran data dalam jaringan komputer.


Arsitektur Fisik Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsi

1. Peer-to-Peer

Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Secara hierarki kedudukan masing-masing komputer sama.

 


2. Client – Server

Yaitu jaringan komputer dengan adanya komputer yang didedikasikan khusus sebagai server dan dapat diakses oleh beberapa client. Secara hierarki kedudukan komputer server ada di atas komputer client.




Arsitektur Fisik Jaringan Komputer Berdasarkan Skala

1. LAN

LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang dibangun pada area yang terbatas (ruangan, rumah, kantor dan gedung) dimana antara masing-masing client maupun antara client dan server dapat saling bertukar file maupun saling menggunakan perangkat yang terhubung pada unit-unit komputer yang terhubung pada jaringan LAN.


2. MAN

MAN (Metropolitan Area Network) merupakan pengembangan dari LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. 

MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.


3. WAN

WAN (Wide Area Network) adalah jaringan komputer yang meliputi area geografis sangat besar (antarkota, antarnegara dan antarbenua). WAN dapat berupa kumpulan LAN dan MAN dengan jarak jauh. 

Untuk menghubungkannya biasanya digunakan saluran telepon atau saluran komunikasi umum bahkan satelit. Salah satu contoh implementasinya adalah internet.


4. Intranet

Intranet adalah sebuah jaringan pribadi (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP) untuk membagi informasi rahasia atau operasi dalam suatu organisasi.


5. Internet

Internet adalah interconnection networking perangkat jaringan komputer dengan jangkauan seluruh dunia, menggunakan protokol TCP/IP melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.