Minggu, 15 Oktober 2023

Kode Semat dan Cara Menambahkannya ke Situs Web

Gambar 373.WE Kode Semat


Kode semat adalah baris teks pendek yang dapat Anda salin dan tempel dari satu situs web ke situs web lainnya dalam bahasa pengkodean HTML. Ini mencakup tautan sumber, tinggi, dan lebar konten yang Anda tambahkan. 

Mempelajari apa itu kode tersemat dan cara menambahkannya ke situs web Anda berguna untuk memelihara dan mengoptimalkan situs web pribadi atau bisnis. 

Dalam artikel ini, kami menjelaskan arti menyematkan kode, mencantumkan manfaat penggunaannya, menjelaskan cara menambahkan kode penyematan ke situs web, dan menjelaskan cara menyematkan konten menggunakan pembuat situs web.


Apa Itu Kode Semat ?

Kode tersemat adalah kode yang dihasilkan situs web pihak ketiga bagi pengembang web untuk menambahkan media, aplikasi, atau umpan pihak ketiga ke situs web pengembang web. Hal ini menghemat waktu dan tenaga pengembang web dari keharusan memperbarui konten dengan memungkinkan pembaruan waktu nyata. 

Misalnya, jika Anda memiliki akun media sosial yang ingin ditampilkan di situs web Anda, alih-alih mengunggah setiap postingan ke situs Anda, Anda dapat menyematkan kode sehingga postingan baru Anda muncul di situs web Anda secara otomatis. 

Anda cukup menyalin kode dari feed akun media sosial Anda dan menyematkannya ke situs web Anda.


Manfaat Kode Tertanam

Tujuan penggunaan kode yang disematkan di situs web Anda adalah untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pengunjung. Ini juga mencegah pengunjung meninggalkan situs Anda, memperpanjang kunjungan halaman, dan mendorong orang untuk mengunjungi kembali situs web Anda. 

Kode ini juga memudahkan web developer dalam mengelola dan memelihara website. Di bawah ini adalah daftar manfaatnya:

1. Anda Tidak Memerlukan Keahlian Pengembang Web

Menyematkan kode mudah digunakan dan tidak memerlukan keterampilan pengembangan web tingkat lanjut. Jika Anda menggunakan alat CMS sederhana, Anda cukup menyalin dan menempelkan kode dari situs web pihak ketiga ke portal CMS Anda. 

Setelah Anda mempublikasikan halaman Anda, konten pihak ketiga akan muncul. Jika, di kemudian hari, konten tersebut berhenti muncul, periksa situs web pihak ketiga untuk mengetahui pembaruan apa pun pada kode tersebut, lalu perbarui situs web Anda dengan kode baru.

2. Meningkatkan optimasi mesin pencari

Kode yang disematkan memungkinkan Anda menawarkan berbagai jenis konten kepada pengunjung Anda dari berbagai sumber. Hal ini membantu mempertahankan pengunjung di situs web Anda, yang menurunkan rasio pentalan situs Anda dan meningkatkan skor Anda di peringkat mesin pencari. 

Saat Anda menambahkan kode, robot mesin pencari akan lebih mudah memindai situs web Anda, dan ini meningkatkan optimasi mesin pencari (SEO) Anda. Memiliki SEO yang lebih baik meningkatkan posisi situs web Anda di halaman hasil mesin pencari organik untuk pencarian yang relevan.

3. Mengontrol pengoptimalan konten

Di dalam kode yang Anda sematkan di situs web Anda, terdapat detail yang menentukan ukuran dan tampilan konten. Hanya dengan mengubah dimensi kode, Anda dapat mengoptimalkan elemen di situs web Anda dengan membuatnya lebih besar atau lebih kecil, tergantung di mana Anda ingin menempatkannya. 

Untuk konten video, Anda bahkan dapat menggunakan kode untuk mengubah ukuran frame atau waktu mulai. Hal ini meningkatkan keterlibatan karena video sekarang hanya menampilkan konten yang relevan.

4. Menghemat waktu

Menggunakan kode yang disematkan tidak hanya menghemat waktu karena harus memikirkan pengkodean yang rumit, namun juga menghemat waktu karena harus mengembangkan konten baru. 

Dengan menggunakan kode untuk menyematkan feed dari situs web lain, setiap kali situs web lain memperbarui kontennya, konten yang diperbarui ini langsung muncul di situs web Anda. Ini adalah insentif bagi pengunjung untuk kembali ke situs web Anda dan membantu meningkatkan lalu lintas situs web secara keseluruhan.


Bagaimana Cara Menambahkan Kode Semat ke Situs Web

Baik Anda ingin mengoptimalkan blog atau situs web toko ritel Anda, kode yang disematkan adalah cara yang mudah dan efektif untuk menyempurnakannya. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membantu Anda memasukkan kode tersemat dengan mudah ke situs web Anda:

1. Tentukan situs web pihak ketiga

Langkah pertama adalah menentukan situs web mana yang ingin Anda tarik kontennya ke tempat di situs web Anda. Periksa syarat dan ketentuan situs web untuk memastikan Anda diperbolehkan membagikan konten secara hukum. 

Setelah Anda memverifikasi izin, cari tahu apakah situs web menghasilkan kode tersebut. Tentukan juga jenis media yang ingin Anda tambahkan, seperti postingan sosial, aplikasi, atau live feed.

2. Salin kode yang disematkan

Banyak situs web, termasuk situs media sosial, memudahkan Anda menyalin kode yang disematkan ke situs web Anda. Anda biasanya dapat memilih untuk menyematkan postingan tertentu atau menyematkan seluruh feed. Sebelum menyalin kode, Anda dapat mengatur lebar atau tinggi konten.

Prosesnya bisa berbeda-beda di setiap platform, mulai dari platform media sosial hingga situs web lainnya. Di bawah ini adalah daftar platform umum dan cara membuat kode untuk masing-masing platform:
  • Instagram:
Buat akun baru atau masuk ke akun yang ada di desktop Anda. Kemudian cari postingan, klik tiga titik, pilih “Sematkan”, pilih opsi yang Anda inginkan, lalu pilih “Salin Kode Sematan”.
  • Facebook
Buat akun baru atau masuk ke akun Facebook yang ada di desktop Anda. Kemudian cari postingan, pilih tiga titik, pilih “Sematkan”, pilih opsi yang Anda inginkan, lalu pilih “Salin Kode”.
  • YouTube
Buat akun baru atau masuk ke akun YouTube yang ada di desktop Anda. Kemudian cari video, klik tombol “Bagikan” di bawah video, pilih “Sematkan”, pilih opsi yang Anda inginkan, lalu pilih “Salin”.

  • Pinterest
Buat akun baru atau masuk ke akun Pinterest yang ada di desktop Anda. Kemudian cari postingan, klik tiga titik, pilih “Dapatkan kode semat Pin”, pilih opsi yang Anda inginkan, lalu salin kodenya.

  • SlideShare
Buat akun baru atau masuk ke akun SlideShare yang ada di desktop Anda. Kemudian pilih presentasi, pilih “Bagikan” di bawah presentasi, edit ke proporsi yang diinginkan, lalu pilih kode dan salin.
  • Situs web eksternal: 
Temukan situs web, buka aplikasi Notepad di desktop Anda, lalu salin dan tempel URL situs web yang diinginkan ke dalam kode aplikasi Notepad, ganti URL yang ada di dalam tanda kutip pada kode. Anda kemudian dapat mengedit proporsi dalam kode dan menyalinnya.


3. Paste kode tersebut ke CMS website Anda

Mulailah dengan mencari lokasi editor HTML di CMS situs web Anda. Kemudian cari halaman dan bagian di mana Anda ingin konten tersebut muncul. Tempelkan kode dan publikasikan perubahannya. 

Konten baru sekarang muncul di situs web Anda. Jika tidak muncul sebagaimana mestinya, Anda dapat menyesuaikan proporsi kode, lalu memublikasikannya ulang di situs web Anda. Tergantung pada CMS yang Anda gunakan, prosesnya mungkin berbeda-beda. Berikut adalah langkah-langkah untuk dua penyedia sistem pengelolaan konten yang umum:

  • WordPress: 
Masuk ke akun WordPress Anda dan temukan halaman tempat Anda ingin menambahkan kode yang disematkan. Pilih “Teks” di sudut kanan atas editor teks dan tempelkan kode di tempat Anda ingin konten tersebut muncul.

  • CMS Hub: 
Masuk ke akun CMS Hub Anda, cari halaman tempat Anda ingin menambahkan kode yang disematkan dan pilih “Edit.” Kemudian pilih di mana Anda ingin meletakkan konten, klik “Sisipkan” pada bilah opsi, lalu pilih “sematkan”, tempelkan kode ke jendela pop-up, dan pilih “Sisipkan.”


Cara Menyematkan Konten Menggunakan Pembuat Situs Web

Pembuat situs web memudahkan pembuatan situs web dengan banyak templat yang dapat dipilih dan opsi seret dan lepas. Platform pembuatan situs web ini juga memudahkan penyematan konten pihak ketiga. 

Melalui aplikasi pembuat situs web, Anda dapat memilih cara menampilkan konten tanpa menggunakan kode. Berikut adalah beberapa platform populer dan langkah-langkah untuk menyematkan kode untuk masing-masing platform:

Ruang persegi

Mulailah dengan memilih halaman tempat Anda ingin menambahkan konten. Kemudian, pilih titik penyisipan dan pilih platform media sosial mana yang ingin Anda tambahkan dari menu. Setelah Anda berada di editor blok, pilih tab “Akun” dan ikuti langkah-langkah untuk memverifikasi akun Anda. 

Pilih tab desain dan pilih desain yang Anda inginkan untuk menampilkan feed Anda. Anda kemudian dapat menyesuaikan pengaturan dengan memilih font, warna, dan opsi pengaturan tampilan lainnya. Terakhir, pilih "Terapkan" untuk menyimpan perubahan, lalu publikasikan.

Wix

  • Pertama, pilih halaman tempat Anda ingin menambahkan konten, lalu pilih tombol empat persegi dari bilah menu samping untuk mengunjungi Wix App Market. 
  • Kemudian, ketik akun media sosial yang ingin Anda tambahkan ke situs web Anda dan pilih “Tambahkan ke Situs.” Verifikasi akun Anda, 
  • Lalu pilih opsi templat dan desain konten Anda. Terakhir, pilih “Simpan” diikuti dengan “Terbitkan” agar perubahan diterapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.