Sabtu, 02 November 2013

Belajar Fungsi vlookup, hlookup, dan lookup value pada Ms.Excel


Mungkin ada beberapa teman - teman officer yang senang menggunakan microsoft office excel untuk merangkum data absensi siswa, data NIM, dan nilai siswa. Terutama bagi anda yang kerja kantoran di sekolah sebagai Tata Usaha dan kurikulum. Pasti sudah sangat akrab menggunakan fungsi - fungsi pada excel. 
Kali ini, saya akan berikan sebuah tutorial fungsi- fungsi pada excel, mengenai fungsi vlookup, hlookup, dan lookup value pada Ms.Excel. Sebagai contoh, mengolah data nilai dengan fungsi - fungsi ini akan jauh lebih mudah. 
Kebanyakan memang sudah tahu apa fungsi - fungsi di atas, tetapi apa salahnya saya ikut share mengenai fungsi vlookup, hlookup, dan lookup value pada Ms.Excel, mungkin saja bisa berguna bagi anda para excel pemula maupun excel expert.
Pertama - tama kita harus tahu apa itu fungsi vlookup, hlookup, dan lookup value pada Ms.Excel.

Fungsi vlookup
Fungsi vlookup merupakan fungsi bantuan references. Fungsi Vlookup dipakai untuk menghasilkan nilai pada tabel secara vertikal.

Penulisannya :
=VLOOKUP(nama_baris;tabel;kolom_pencarian;range_lookup)
Lihat contoh di bawah ini :



Solusinya :
Pada A8 masukkan nilai NIM terlebih dahulu yang terdapat pada tabel NIM-Nama. kemudian pada B8 ketikkan formula =LOOKUP(A8;$A$2:$B$5;2;0).

Fungsi Hlookup
Fungsi Hlookup merupakan fungsi bantuan references juga. bedanya Fungsi Hlookup dipakai untuk menghasilkan nilai pada tabel secara horizontal.

Penulisannya :
=HLOOKUP(nama_kolom;tabel;baris_pencarian;range_lookup)
Lihat contoh di bawah ini :


Solusinya :
Pada C6 ketikkan formula =HLOOKUP(B6;$B$1:$F$3;2;0).

Lookup Value
Pada prinsipnya sama dengan Vlookup, namun pada lookup value ini memungkinkan kita untuk mengambil beberapa data dari tabel lain sabagai referensi / patokan.

Lihat contoh dibawah ini :
Dari 2 tabel yakni tabel peminjaman dan tabel buku akan dibuat Daftar Peminjaman Buku.


Solusinya :
– Nama pada cell B11 adalah =VLOOKUP(A11;$A$2:$D$5;2;0)– Perihal pada cell D11 adalah = VLOOKUP(C11;$F$2:$H$5;2;0)– Judul pada cell E11 adalah = VLOOKUP(C11;$F$2:$H$5;3;0)
Nah, sekian tutorial microsoft excel kartolo mengenai "Belajar Fungsi vlookup, hlookup, dan lookup value pada Ms.Excel". Kalo mengerti alhamdulillah, kalo tidak mengerti ya diusahakan mengerti. hehehe.. Moga - moga bisa membantu para pegawai yang kesulitan dalam mengolah nilai. Karena mengolah data nilai dengan fungsi - fungsi ini akan jauh lebih mudah.
Tetap update pada artikel saya yang berikutnya. Akan lebih banyak ilmu yang bisa anda dapatkan.
Semoga bermanfaat,

Sumber :


2 komentar:

  1. Visit us !
    excel-dan-amal.blogspot.com

    BalasHapus
  2. ini nih contoh vlookup dan hlookup excel
    makasih ya

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.