Jumat, 01 November 2013

Mengatur jarak antar baris (spacing) MS Word


Definisi Line Spacing
Spacing atau line spacing adalah sebuah jarak antar baris di dalam teks/dokumen yang kita buat dengan MS Word. Line spacing mungkin lebih kita kenal dengan istilah spasi, seperti dalam penulisan makalah maka akan ada kriteria berupa seberapa besar ukuran font, margin, atau pun spasinya. Karena kebanyakan mahasiswa (termasuk saya) pada awalnya tidak menghiraukan hal ini, asal copy paste saja dari internet lalu mencantumkan footnote sebagai acuan referensi. Selain menjadi kriteria penulisan karya tulis ilmiah, dengan mengatur spasi ini, ketikan kita jadi lebih indah dan menarik untuk dibaca. Jika jarak antar baris terlalu dekat maka naskah akan terlihat penuh, sehingga teks sulit untuk dibaca dan jika terlalu lebar maka naskah seperti tanpa isi.

Mengatur line spacing atau spasi pada teks dalam dokumen Microsoft Word juga termasuk dalam formatting teks. Adapun langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk mengatur jarak baris atau line spacing adalah sebagai berikut :
1. Blok teks di dalam naskah, pada menu ribbon bagian tab paragraf, pilih line and paragraph spacing.


2. Setelah itu akan muncul dropdown menu spacing.
3. Pilih salah satu ukuran yang kita kehendaki.

Berikut contoh-contoh hasil dari pengaturan line spacing.

Teks dengan spasi sebesar 1,5


Teks dengan spasi sebesar 2,0
Untuk pengaturan yang lebih lanjut mengenai line spacing, silahkan buka dialog box paragraf. Perhatikan kolom spacing yang telah saya beri tanda pada gambar dialog box.


Keterangan dari beberapa opsi di dalam dialog box paragraf spasi :

Spacing Before
Spacing Before digunakan untuk memberikan spasi/jarak antara paragraf yang di-select dengan paragraf sebelumnya.
Spacing After
Spacing After digunakan untuk memberikan spasi/jarak antara paragraf yang di-select dengan paragraf sesudahnya.
Line spacing
Line Spacing digunakan untuk mengganti spasi antar baris dalam teks. Misalnya single (1 spasi), 1.5 lines (spasi 1,5), dan double (spasi 2).Pilihan lain yaitu exactly (tepat), multiple (kelipatan), dan at least (setidaknya) dapat kita berikan angkanya pada kotak "At" di sebelah kotak Line Spacing.

Silahkan melakukan percobaan pada dokumen yang telah kita buat dalam Microsoft Word, tentukan seberapa besar pengaturan spasinya agar susunan teks menjadi rapi.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.