Sabtu, 02 November 2013

Penggunaan Rumus dan Fungsi Sederhana Microsoft Excel 2010


Gambar 74. Microsoft Excel 2010



Secara umum fitur Microsoft Excel 2007 dengan Microsoft Excel 2010 tidak jauh beda, begutu juga untuk penggunaan rumus yang ada di dalamnya. Ms. Excel 2010 memungkinkan kita untuk memasukkan rumus-rumus perhitungan matematika dan statistik dengan mudah dan cepat.

Tiap penulisan rumus dimulai dengan tanda sama dengan ( = ). 

Operator yang sering digunakan antara lain :
+ PENJUMLAHAN ^ PEMANGKATAN
- PENGURANGAN > LEBIH BESAR
* PERKALIAN                < LEBIH KECIL
/ PEMBAGIAN
Derajat operator hitungan matematika sebagai berikut :
Pertama       ^
Kedua          * atau /
Ketiga          + atau –
Catatan : 
Rumus yang diapit dengan tanda kurung “(  )” akan diproses terlebih dahulu, 

Contoh penulisan rumus
a    =  1.200   +   300  (penulisan rumus dengan angka tetap)
b    =     B4    +    B5  (penjumlahan isi sel B4 dan B5)

Fungsi adalah rumus yang sudah siap pakai yang digunakan sebgai alat perhitungan. Fungsi yang disediakan Excel 2007 dikelompokkan menjadi beberapa kelompok fungsi diantaranya adalah kelompok fungsi keuangan, matematika, statistika, logika, teks, database dan lainnya. 

Fungsi dapat diketik secara manual atau menggunakan Faste Function.
Fungsi yang sering digunakan di excel adalah :


Apabila Anda ingin menggunakan operator logika, biasanya diperlukan ekspresi atau pernyataan logika. 
Ekspresi logika yang umumnya dipakai adalah :
=       sama dengan                 <=     lebih kecil atau sama dengan
<       lebih kecil dari            >=     lebih besar atau sama dengan
>       lebih besar dari            <>     tidak sama dengan


1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.