Minggu, 23 Februari 2020

Membuat User dan Grup dalam Debian 10



User

Untuk dapat menggunakan linux kita membutuhkan user account, linux juga dirancang multiuser sistem yang artinya linux dibuat agar dapat melayani banyak user bahkan dalam waktu bersamaan, tidak hanya berbeda user mengakses bersamaan, satu user pun dapat membuat session yang berbeda juga dalam waktu yang bersamaan.

User di linux dibedakan menjadi 2, yaitu Superuser atau root dan User biasa. Superuser atau root merupakan user yang wajib ada di sebuah linux, Superuser atau root adalah administrator yang bisa mengubah apapun yang ada di sistem linux. 

Superuser atau root tidak bisa lebih dari satu. Sebaliknya User biasa adalah user yang dibuat oleh Root, user biasa bisa lebih dari satu dan Memiliki hak akses terbatas sesuai yang ditentukan oleh root.

Group

Grup tentunya adalah sistem pengelompokan, dengan grup user user yang ada bisa dikelompokan dengan mudah. Grup juga memudahkan konfigurasi yang berhubungan dengan user account karena kita bisa membedakan user — user yang memiliki level dengan grup.

Membuat User Baru

perintah untuk membuat user membutuhkan akses Superuser atau Root. perintah membuat user ada adduser dan useradd , perintah yang kita gunakan kali ini adalah useradd karena useradd lebih leluasa untuk di buat.

sebagai contoh saya akan membuat user baru dengan nama deasy.
useradd deasy
user yang dibuat dengan perintah useradd tidak memiliki password, oleh karena ini kita berikan password dengan perintah passwd , perintah passwd tidak hanya untuk memberikan password saat membuat userbaru, tapi bisa juga digunakan untuk mengubah password dari user yang sudah dibuat.
passwd deasy


user baru yang kita buat tidak memiliki home directori, dalam operasi sistem pada umumnya memiliki home directori, yaitu directori atau sebuah folder khusus yang digunakan sebagai tempat penyimpanan utama untuk user. 

Jika kalian membutuhkan home directori untuk user yang sudah kita buat kita bisa gunakan perintah useradd -d <home_directori
mkdir <home_directori_tujuan>
usermod -d <home_directori_tujuan> <nama_user>
Contoh :
mkdir /home/deasy/
usermod -d /home/deasy deasy

Perintah diasar kita membuat folder baru dengan perintah mkdir yaitu /home/deasy , setelah itu kita daftarkan folder tersebut sebagai home directori dari user deasy yang kita buat tadi dengan perintah 
usermod -d /home/deasy deasy


lalu kita berikan shell pada user agar bisa berfungsi
usermod -s /bin/bash deasy


lalu sekarang coba keluar dari user yang sedang aktif dengan perintah exit lalu coba login dengan user baru yang sudah kita buat tadi



dan yup berhasil, kita sudah berhasil membuat user baru dan menggunakan user tersebut.

Untuk melihat daftar user yang ada kita bisa gunakan perintah :
cat /etc/passwd



Membuat Grup Baru

sama seperti user, untuk membuat grup kita bisa gunakan perintah addgroup atau groupadd , contoh menggunakan groupadd :
groupadd <nama_grup>
sebagain contoh saya akan membuat grup dengan nama “tkj1” dan menambahkan user alfiandwi serta deasy kedalam grup tkj ini.
groupadd tkj1



lalu untuk menambahkan suatu user ke dalam grup, gunakan perintah :
usermod -G <nama_group> <nama_user>
contoh :
usermod -G tkj1 deasy
usermod -G tkj1 alfiandwi


Lalu untuk melihat daftar group beserta user nya gunakan perintah :
cat /etc/group



Terima kasih !

Terima kasih sudah mengikuti tutorial kali ini tentang “Membuat User dan Grup” di seri “Belajar Debian 10”. Jangan lupa lihat artikel kita selanjutnya untuk meneruskan materi kita kali ini, Sampai Jumpa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.