Sabtu, 02 November 2013

Penggunaan Rumus dan Fungsi Sederhana Microsoft Excel 2010


Gambar 74. Microsoft Excel 2010



Secara umum fitur Microsoft Excel 2007 dengan Microsoft Excel 2010 tidak jauh beda, begutu juga untuk penggunaan rumus yang ada di dalamnya. Ms. Excel 2010 memungkinkan kita untuk memasukkan rumus-rumus perhitungan matematika dan statistik dengan mudah dan cepat.

Tiap penulisan rumus dimulai dengan tanda sama dengan ( = ). 

Operator yang sering digunakan antara lain :

Menyisipkan Shapes

Gambar 73. Shapes


Anda dapat menambahkan satu shapes ke file Anda atau menggabungkan beberapa shapes untuk membuat gambar atau shapes yang lebih kompleks. Tersedia shapes termasuk garis, geometris dasar, panah, persamaan, flowchart, bintang, spanduk, dan callouts. 

Setelah Anda menambahkan satu atau lebih shapes, Anda dapat menambahkan teks, bullets, numbering, dan cara cepat untuk menambahkannya:
1. Pada tab Insert, di bagian Illustrations group, klik Shapes
2. Sebuah drop down menu akan muncul, klik shape yang Anda inginkan

Jumat, 01 November 2013

Cara Mudah Menyisipkan Text Box Dalam Dokumen Microsoft Word 2010.


Salah satu shape yang paling sering dipakai ketika membuat dokumen adalah Text Box atau kotak teks. Text Box merupakan sebuah shape kotak tetapi kita dapat mengisi atau menulis teks dalam kotak tersebut. Untuk menyisipkan Text Box dalam dokumen Microsoft Word 2007 kita dapat menggunakan langkah berikut.
1. Klik menu ribbon Insert
2. Klik tombol Shapes
3. Pada popup menu yang muncul klik text box. Item atau tombol textbox tersebut bisa berada pada bagian Recently Used Shapes atau pada Basic Shapes.

4. Anda akan melihat kursor mouse anda akan berubah menjadi tanda plus besar. Klik lalu drag pada area dokumen untuk membentuk kotak teks sesuai dengan yang anda inginkan.
5. Anda telah memiliki sebuah Text Box dalam dokumen anda.

Tips Menyisipkan Text Box dalam Dokumen Microsoft Word 2007
Saat menyisipkan text box pertama kali jangan ragu untuk membuatnya. Anda bisa meletakkannya atau membuatnya sembarang terlebih dahulu, setelah itu baru anda selaraskan atau atur baik ukuran maupun posisinya sesuai dengan keinginan anda.

Sumber :


Mengatur jarak antar baris (spacing) MS Word


Definisi Line Spacing

Spacing atau line spacing adalah sebuah jarak antar baris di dalam teks/dokumen yang kita buat dengan MS Word. Line spacing mungkin lebih kita kenal dengan istilah spasi, seperti dalam penulisan makalah maka akan ada kriteria berupa seberapa besar ukuran font, margin, atau pun spasinya. 

Karena kebanyakan mahasiswa (termasuk saya) pada awalnya tidak menghiraukan hal ini, asal copy paste saja dari internet lalu mencantumkan footnote sebagai acuan referensi. Selain menjadi kriteria penulisan karya tulis ilmiah, dengan mengatur spasi ini, ketikan kita jadi lebih indah dan menarik untuk dibaca. 

Jika jarak antar baris terlalu dekat maka naskah akan terlihat penuh, sehingga teks sulit untuk dibaca dan jika terlalu lebar maka naskah seperti tanpa isi.

Mengatur line spacing atau spasi pada teks dalam dokumen Microsoft Word juga termasuk dalam formatting teks. Adapun langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk mengatur jarak baris atau line spacing adalah sebagai berikut :

1. Blok teks di dalam naskah, pada menu ribbon bagian tab paragraf, pilih line and paragraph spacing.


2. Setelah itu akan muncul dropdown menu spacing.
3. Pilih salah satu ukuran yang kita kehendaki.

Berikut contoh-contoh hasil dari pengaturan line spacing.

Teks dengan spasi sebesar 1,5


Teks dengan spasi sebesar 2,0
Untuk pengaturan yang lebih lanjut mengenai line spacing, silahkan buka dialog box paragraf. Perhatikan kolom spacing yang telah saya beri tanda pada gambar dialog box.


Keterangan dari beberapa opsi di dalam dialog box paragraf spasi :

Spacing Before
Spacing Before digunakan untuk memberikan spasi/jarak antara paragraf yang di-select dengan paragraf sebelumnya.
Spacing After
Spacing After digunakan untuk memberikan spasi/jarak antara paragraf yang di-select dengan paragraf sesudahnya.
Line spacing
Line Spacing digunakan untuk mengganti spasi antar baris dalam teks. Misalnya single (1 spasi), 1.5 lines (spasi 1,5), dan double (spasi 2).Pilihan lain yaitu exactly (tepat), multiple (kelipatan), dan at least (setidaknya) dapat kita berikan angkanya pada kotak "At" di sebelah kotak Line Spacing.
Silahkan melakukan percobaan pada dokumen yang telah kita buat dalam Microsoft Word, tentukan seberapa besar pengaturan spasinya agar susunan teks menjadi rapi.

Sumber :

Cara Mudah dan Cepat Membuat Tabel pada Microsoft Word.

Gambar 70. Membuat Tabel
pada Microsoft Word.



Untuk membuat tabel pada Microsoft Word, dapat dilakukan dengan banyak cara. Bisa dilakukan melalui Insert Table, Quick Create Table, dll. Saya yakin semua pembaca artikel ini sudah sangat paham melakukan Cara Membuat Tabel.


Tetapi ada lagi Cara Mudah dan Cepat Membuat Tabel pada Microsoft Word yang mungkin tidak semua pengguna mengetahuinya. Sekedar untuk berbagi saja, saya mencoba untuk membongkar rahasia yang ada Microsoft Word ini. Mau tau ?


Sebelum memulai. Sebagai contoh, saya akan membuat tabel seperti gambar berikut ini :




Langkah-langkah membuatnya :
  1. Perhatikan tabel diatas. Tabel tersebut terdiri dari 3 kolom.
  2. Untuk membuatnya, ketikkan + + + + kemudian enter (Mengetikkan tanda plus (+) kemudian spasi lalu tanda plus (+) dan seterusnya sebanyak jumlah kolom ditambah 1 kolom.







Jika sebuah tabel terdiri dari 6 kolom, berarti kita harus mengetikkannya sebanyak 6 + 1 = 7.
Mudah bukan ? Kalau masih ragu silahkan bertanya kembali pada kolom komentar.
Hasil dari melakukan perintah di atas akan menampilkan tabel seperti gambar dibawah ini :




Lalu tinggal mengetikkan atau mengisi sel yang ada pada kolom sehingga hasilnya menjadi seperti berikut ini :



3. Langkah terakhir adalah mengatur lebar tabel seperti yang diinginkan.

Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat.

Sumber :